Selasa, 13 Desember 2011

detective Conan

        Tau komik detective konan kan?? Ini komik favorit dinie! Yups ini komik menceritakan tentang seorang detektif SMU ternama Shinichi Kudo (sanghaeyo oppa^^) yang tubuhnya mengecil karena diberi minum obat oleh organisasi misterius!! (kasihan oppa). Dia terpaksa harus menjalani kehidupannya saat bertubuh kecil sebagai Conan Edogawa… ah pokoknya pada tau kan nih komik,.. nggak usah dinie ceritakan asal mulanyanya hehe. 


Tau nggak  Komik Detective Conan ini  terkenal di seantero negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, (di ketiga negara ini dengan judul Case Closed) termasuk Indonesia. Tapi pada belom tau kan gimana wajah pengarang komik ini sebenernya? Trus bagaimana kisah hidupnya,.. nah dinie pengen berbagi lagi nih,,, tentang pengarang Komik Legendari ini. Siapa lagi kalau bukan  AOYAMA GOSHO!!! ^^ yuk ikuti kisahnya..

Lahir dengan nama Yoshimasa Aoyama, pada tanggal 21 juni 1963 di Hokuei, Tottori Prefecture, Jepang adalah seorang pembuat cerita manga berkebangsaan Jepang. Dia menjadi sangat terkenal lewat karyanya Detective Conan.

Bakat menggambarnya itu sudah terlihat ketika masih kecil loh!! . Bahkan ketika kelas 1 SD, gambarnya dengan judul "Perang Yukiai" memenangkan kompetisi dan dipamerkan di Tottori Daimaru Department Store. Hebat-Hebat!!

Setelah lulus di SMA Yuraikuei, Aoyama meneruskan sekolah di Nihon University jurusan seni di Tokyo. Di tahun 1986, Aoyama mengikuti kontes komik untuk mahasiswa tingkat tahun pertama. Dia memenangi kontes ini, dan ini dijadikan batu pijakan untuk karirnya sebagai pengarang komik yang mengubah hidupnya.

Debut pertamanya, Aoyama membuat komik Chotto Matte yang dipublikasikan di majalah mingguan Shonen Sunday
 di tahun1987. Kemudian menyusul Magic Kaite yang juga dipublikasikan di majalah yang sama.

Di awal tahun 1990, seri manga Aoyama yang diberi judul Yaiba terbit dan di rilis sebanyak 24 volume. Kemudian menyusul Third Baseman No.4, GoshoAoyama's Collection of short stiries
 dan Detective Conan ^^

Sebagai orang yang multi talenta, penghargaan demi penghargaan menghampirinya. Tercatat ia telah memenangkan 2 penghargaan untuk pekerjaannya sebagai pembuat manga. Tahun 1992, dia memenangkan Shogakukan Manga Award dari Shonen untuk seri manga Yaiba. Tahun 2001, dia juga memperoleh penghargaan yang sama untuk kedua kalinya, kali ini untuk karyanya Detective Conan.




Truz,  Hokuei kota kelahirannya itu telah melakukan Machi Okoshi (revitalisasi kota) untuk menghormati kontribusinya sebagi seniman manga dan warga kota!. Proyek pertama adalah dibangunnya Jembatan Conan yang melintasi sungai Yura dan juga dibuatnya patung-patung Conan di kota tersebut. Kedua struktur bangunan ini untuk menghormati karya Aoyama, Conan Edogawa, karakter paling populer Aoyama di komik Detective Conan. Tanggal 18 Maret 2007, Pabrik manga Gosho Aoyama, museum yang memperingati keberhasilan karir Aoyama, resmi dibuka. 


Aoyama awalnya mengira bahwa Detective Conan hanya akan bertahan tiga bulan saja, dan tak pernah berpikir karyanya akan sepopuler seperti sekarang. Baginya, keasyikan menulis cerita genre ini adalah ia dapat merambah ke berbagai genre lain, seperti olahraga, drama, dan seni. Yang menarik, tinggi badan (174 cm) dan kebiasaan bicara pria bergolongan darah B ini sama dengan Shinichi Kudo (seperti sering mengucapkan kata ‘bodoh’). Ia juga menguasai kendo, seperti Heiji Hattori. Tanggal lahir Kaito Kid pun sama dengan tanggal lahir beliau. Sewaktu manga ini mencapai episode 500, Aoyama-sensei mengaku episode yang paling disukainya adalah volume 36-37, yaitu kasus bom yang terdapat karakter polisi Junpei Matsuda. Menurut penggemar Gundam dan baseball ini, ia sudah merencanakan adegan paling akhir dari Detective Conan.

Aoyama-sensei menikah dengan Minami Takayama pada 5 Mei 2005. Minami adalah seorang penyanyi yang menyanyikan theme song anime Meitantei Conan dan juga menjadi seiyuu (pengisi suara) karakter Conan Edogawa. Selain sebagai salah seorang anggota dari duo J-Pop TWO-MIX (yang juga pernah muncul dalam salah satu cerita Meitantei Conan), Minami juga pernah mengisi suara untuk karakter Kiki dalam anime Kiki’s Delivery Service. Aoyama-sensei pertama kali bertemu dengannya ketika Minami menjadi seiyuu karakter Yaiba. Namun, pernikahan mereka tidak bertahan lama. Pada 10 Desember 2007, mereka bercerai. Kini, Aoyama-sensei masih memusatkan perhatiannya untuk melanjutkan Meitantei Conan.

Karya-Karya Aoyama Gosho:

Chotto Mattete (1987)
Yaiba (1988-1993)
Third Baseman No 4 (1993)
Magic Kaito (1988-2007)
Meitantei Conan (1994-sekarang)
Watashi ni Uso Tsuite (2007)
Gosho Aoyama’s Collection of Short Stories:
• Play it again
• Excalibur
• Santa Claus in the summer
• Tantei jooji no minimini daisakusen / The detective George’s job (Detective George’s little little & great operation)
• Chotto Mattete
Shonen Sunday 19 (talk) show “The Wandering Red Butterfly”

Nah itu dia sedikit tentang pengarang Detective Conan,.. Dinie Kagum banget sama beliau,.. dan berterima kasih banget karena udah nyiptain tokoh bernama Shinichi Kudo dan Conan Edogawa yang dinie sukai ^^ dinie ngikutin terus loh kelanjutan ceritanya di Komik,.. ^^

Sekian Dulu,… ^^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar