Sabtu, 17 Desember 2011

karaPan sapi maDura ^^

      Karapan sapi,.. yak budaya yang satu ini emang terkenal banget berasal dari pulau madura!!
Karapan sapi hingga saat ini masih diminati oleh masyarakat Madura, baik yang tinggal di perkampungan maupun di perkotaan. Mulai dari anak -anak hingga dewasa serta orang tua yang sudah berusia udzur. Karapan sapi sudah menjadi bagian dari darah daging orang Madura. Wajarlah kalau karapan sapi menjadi semacam pesta rakyat.
Nah di Kota Bangkalan ini masih sering mengadakan kompetisi karapan sapi bagi warga se tempat atau buat masyarakat diluar kota Bangkalan. Biasanya kegiatan ini diadakan setiap satu bulan sekali.

Bagaimana karapan sapi itu sih?? Yuk baca info yang udah dinie rangkum di bawah ini ^^



Karapan sapi itu istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dariMadura . Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain. Trek pacuan tersebut biasanya sekitar 100 meter dan lomba pacuan dapat berlangsung sekitar sepuluh detik sampai satu menit! Wah cepet banget yah. Beberapa kota di Madura termasuk di kota Bangkalan menyelenggarakan karapan sapi pada bulan Agustus dan september setiap tahun, dengan pertandingan final pada akhir September atau Oktober di kota Pamekasan  untuk memperebutkan Piala Bergilir Presiden.
Kerapan sapi didahului dengan mengarak pasangan-pasangan sapi mengelilingi arena pacuan dengan diiringi GamelanMadura yang dinamakan Soronen. Babak pertama adalah penentuan kelompok menang dan kelompok kalah. Babak kedua adalah penentuan juara kelompok kalah, sedang babak ketiga adalah penentuan juara kelompok menang. Piala Bergilir Presiden hanya diberikan pada juara kelompok menang.


Karapan sapi itu seru banget, tapi sayangnya dinie belum pernah sekalipun menonton langsung karapan ini,.. mungkin karena dinie takut kali ya,.. takut diserodok sapinya seperti yang di alami tetangga dinie,.. makanya dinie nggak mau kalau di ajak,.. eiittss jangan salah,.. nonton karapan sapi tetap aman kok,.. asal penonton mengikuti prosedur dan aturan dan bisa menjaga diri sendiri. Okokok

Nah sekian dulu cuap-cuap dinie kali ini,.. sekelangkong ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar